Pengaruh Terapi Mewarnai Gambar Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Anak Prasekolah Selama Hospitalisasi Di Ruang Jasmine Rs Yadika Kebayoran Jakarta Selatan Tahun 2022

Authors

  • Riski Nadian Wardani Universitas Indonesia Maju
  • Marisca Agustina Universitas Indonesia Maju
  • Aisyah Safitri Universitas Indonesia Maju

DOI:

https://doi.org/10.57213/tjghpsr.v2i1.144

Keywords:

Preschoolers, anxiety, picture coloring therapy

Abstract

School-age children who are undergoing hospitalization experience anxiety. One form of activity that can be done to reduce anxiety is through play therapy activities. Picture coloring therapy is one of the games that is in accordance with the principles of the hospital where psychologically this game can help children express feelings of anxiety, fear, sadness, depression and emotion. The purpose of the study was to determine the effect of Image Coloring Play Therapy on the Anxiety Level of Preschool Children During Hospitalization in the Jasmine Room of Rs Yadika Kebayoran Lama South Jakarta Year 2022. This study used a pre - experiment method with a one group pre - post - test design approach and purposive sampling technique with the number of samples to be given coloring therapy as many as 15 preschool children. The results of the study were conducted with a T-test which showed the effect of Picture Coloring Therapy on Anxiety Levels in Preschool Children During Hospitalization in the Jasmine Room of Rs Yadika Kebayoran Lama South Jakarta in 2022 obtained a P value of 0.001 smaller than 0.05 (0.001 <0.05).

References

Ade Nur Alfa, Agustin Adi, Hidayah, D. (2022). Pengaruh Terapi Bermain Mewarnai Gambar Terhadap Kecemasan Akibat Hospitalisasi Pada Anak Prasekolah Di Ruang Kerinci Rsud Dr Abdoer Rahem Situbondo. Jurnal Akademka Baiturrahim Jambi, 2(8.5.2017), 2003–2005.

Agustina M. Terapi Elektrokonvulsif (ECT) Pemberian Terapi Elektrokonvulsif (ECT) Terhadap Peningkatan Fungsi Kognitif Klien Gangguan Jiwa. J Ilm Ilmu Keperawatan Indones. 2018;

Agustina, P. (2010). Pengaruh Pemberian Terapi Bermain Mewarnai Gambar Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Anak Prasekolah Yang Rawat Inap. Jurnal Akp.

Aizah, S., & Wati, E. (2014). Upaya Menurunkan Tingkat Stres Hospitalisasi Dengan Aktifitas Mewarnai Gambar Pada Anak Usia 4-6 Tahun Di Ruang Anggrek Rsud Gambiran Kediri. Effektor, 25(1), 6–10.

Arifin, R. F., Udiyani, R., & Rini. (2018). Efektifitas Terapi Menggambar Dan Mewarnai Gambar Terhadap Kecemasan Hospitalisasi Usia Pra Sekolah. Jurnal Darul Azhar, 6(1), 53–58.

Atisina. (2013). Terapi Bermain Mewarnai Gambar Terhadap Tingkat Kooperatif Anak Usia Prasekolah Di Ruang Perawatan Anak Rumah Sakit Prof. Dr. H. Aloei Saboe Kota Gorontalo. Unviersitas Negeri Gorontalo.

Badan Pusat Statistik. (2021). Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur Dan Jenis Kelamin 2021. Bps.Go.Id. Https://Papua.Bps.Go.Id/Pressrelease/2018/05/07/336/Indeks-Pembangunan-Manusia-Provinsi-Papua-Tahun-2017.Html

Dwi Aryani, N. W. Z. (2021). Pengaruh Terapi Bermain Mewarnai Gambar Terhadap Kecemasan Hospitaslisasi Pada Anak Prasekolah. 10(1), 101–108. Https://Doi.Org/10.36565/Jab.V10i1.289

Endang, L. (2018). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kecemasan Anak Prasekolah Yang Mengalami Hospitalisasi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Epifania. (2018). Pengaruh Pemberian Terapi Mewarnai Gambar Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Anak Hospitalisasi Di Ruang Rawat Inap B (Rib) Rumah Sakit Wava Husada Kepanjen Malang. Kendedes Midwifery Journal,.

Fricilia, Amatus, A. (2013). Pengaruh Terapi Bermain Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Anak Usia Prasekolah Akibat Hospitalisasi.

Gerungan, N. (2020). Mewarnai Gambar Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Usia Prasekolah Yang Dirawat Di Rsup. Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. Jurnal Skolastik Keperawatan, 6(2), 105–113.

Hasibuan, A. H. (2019). Pengaruh Terapi Bermain Mewarnai Gambar Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Usia Prasekolah. Keperawatan. Http://Jurma.Unimus.Ac.Id/Index.Php/Perawat/Article/View/19

Heri Saputro, I. F. (2017). Anak Sakit Wajib Bermain Di Rumah Sakit: Penerapan Terapi Bermain Anak Sakit; Proses, Manfaat Dan Pelaksanaannya. Forum Ilmiah Kesehatan (Forikes).

Kusmawati, D. (2019). Pengaruh Terapi Bermain Mewarnai Gambar Terhadap Tingkat Kecemasan Saat Hospitalisasi Pada Pasien Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun) Di Ruang Safir Santosa Hospital Bandung Kopo. Universitas Bhakti Kencana, 2, 25–29.

Linda Nur Machillah, Duwi Basuki, M. A. A. (2021). Pengaruh Terapi Bermain Mewarnai Gambar Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Usia Prasekolah Akibat Hospitalisasi Di Ruang Asoka Rsud Bangil Kabupaten Pasuruan. Https://Repositori.Stikes-Ppni.Ac.Id/.

Muhamad Idris, M. R. (2018). Efektifitas Terapi Bermain (Mewarnai) Terhadap Penurunan Kecemasan Akibat Hospitalisasi Pada Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun) Di Ruang Melati Rsud Kota Bekasi. Jurnal Kesehatan Jiwa, 4, 583–592.

Notoatmodjo. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.

Ns. Nikmatur Rohmah, S.Kep., M. Ke. (2013). Terapi Bermain (Vol. 21, Nomor 1). Lppm Universitas Muhammadiyah Jember. Http://Journal.Um-Surabaya.Ac.Id/Index.Php/Jkm/Article/View/2203

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Riski Nadian Wardani, Marisca Agustina, & Aisyah Safitri. (2023). Pengaruh Terapi Mewarnai Gambar Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Anak Prasekolah Selama Hospitalisasi Di Ruang Jasmine Rs Yadika Kebayoran Jakarta Selatan Tahun 2022. The Journal General Health and Pharmaceutical Sciences Research, 1(1), 01–18. https://doi.org/10.57213/tjghpsr.v2i1.144