Hubungan Sarapan Pagi dengan Status Gizi Anak Sekolah Kelas 5 di SD Tunas Bangsa Denpasar Tahun 2024
DOI:
https://doi.org/10.57213/antigen.v3i1.566Keywords:
breakfast, nutrition, student, schoolAbstract
Breakfast is often considered an important habit to support health and nutritional status in school children. This study aimed to determine whether there is a correlation between breakfast and the nutritional status of 5th grade at SD Tunas Bangsa Denpasar in 2024. The research used a quantitative design with a cross-sectional approach. The sample consisted of 35 students selected through total sampling. Data were collected using questionnaires and anthropometric measurements (BMI-for-age). The analysis revealed that although most students who regularly had breakfast maintained good nutritional status, the Spearman test showed no significant relationship between breakfast habits and nutritional status (p-value > 0.05). This study concludes that breakfast does not have a direct relationship with nutritional status, although it remains important as part of a healthy lifestyle.
References
Hanim, B. I. (2022). Kebiasaan sarapan pagi dengan status gizi siswa sekolah dasar.
Hamzah, H. H. (2020, March). Pengaruh pola makan terhadap status gizi anak sekolah dasar. Indonesia.
Kasmuri, N. M. (2024). Hubungan pola sarapan terhadap status gizi pada siswa sekolah di SD No 1 Perean, Baturiti, Tabanan, Bali. Poltekkes Denpasar.
KBBI. (2024). Arti kata sarapan. Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Khaulani, F. N. (2020). Fase dan tugas perkembangan siswa sekolah dasar.
Kurniawati, P. F. (2018). Sarapan dan asupan selingan terhadap status obesitas pada anak usia 9–12 tahun.
Muharramah, A. (2023). Penilaian status gizi. Dalam Metode Penilaian Status Gizi: Survey Gizi (hal. 34). Eureka Media Aksara.
Mujahidah, F. F. (2021). Penyuluhan terhadap pentingnya sarapan pagi bagi anak-anak.
Munthofiah, D. (2019). Hubungan konsumsi fast food, kebiasaan, dan kualitas sarapan pagi dengan status gizi siswa SD Muhammadiyah Program Khusus Surakarta.
Napitupulu, E. L. (2022, February). Sarapan belum jadi kebiasaan anak-anak Indonesia. Kompas.
Nasution, A. N. (2022). Status gizi terhadap perkembangan kognitif anak usia prasekolah di Kelurahan Panyabungan III.
Nisa, H. (2021). Penggunaan makanan cepat saji, olahraga, dan nutrisi generasi muda di Kota Tangerang Selatan.
Pangaribuan, H. S. (2022). Edukasi tumbuh kembang anak usia sekolah dan pelaksanaan kelompok terapeutik di SD Pesantrem Hidayatullah Tondo: Laporan kegiatan pengabdian masyarakat.
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2020 tentang standar antropometri anak.
Picauly, I. T. (2020). Pentingnya sarapan sehat dalam peningkatan prestasi siswa sekolah dasar di wilayah Desa Kolbano, Kecamatan Amanuban Tengah Kabupaten Timor Tengah Selatan.
Resiyanthi, K. S. (2019, January). Gambaran kebiasaan sarapan pagi siswa sekolah dasar di Kabupaten Badung. Badung, Indonesia.
Riskesdas (Kementrian Kesehatan Republik Indonesia). (2019). Laporan Nasional Riset Kesehatan Dasar 2018 (First edition, p. 571). Jakarta: Lembaga Penerbit Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.
Salsabila, P. S. (2023). Hubungan sarapan terhadap status gizi remaja SMP Negeri 8 Kota Bandar Lampung. Universitas Lampung.
Saraswati, S. K. (2021). Literature review: Faktor risiko penyebab obesitas.
Sulianto, J. V. (2024). Hubungan kebiasaan sarapan dengan status gizi pada siswa Bunda Mulia Jakarta. Jakarta.
Syahrani, R. (2023). Hubungan kebiasaan sarapan dengan status gizi anak di MIN 1 Kuantan Singingi. Pekanbaru: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Asim Riau.
Wardana, Y. J. (2019). Hubungan sarapan pagi dengan konsentrasi belajar siswa SD Negeri 02 Balerejo Kabupaten Madiun. Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun.
Wardani, N. K. (2020). Gambaran kebiasaan konsumsi jajanan terhadap status gizi pada anak sekolah dasar. Universitas Politeknik Kesehatan.
Warsono. (2022). Menjaga kesehatan sampel dengan eating clean.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Antigen : Jurnal Kesehatan Masyarakat dan Ilmu Gizi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.